Sunday, January 14, 2024

Tanpa Ribet ke Stasiun: Cara Praktis Batalkan Tiket Kereta Lewat Aplikasi


Kereta api saat ini telah menjadi pilihan transportasi favorit masyarakat dalam berpergian. Keunggulan Kereta Api terletak pada ekonomisnya dan efisiensinya yang dapat menghemat waktu perjalanan, serta kebebasannya dari kemacetan karena memiliki jalur khusus. Semakin banyaknya pengguna aplikasi seluler, terutama aplikasi pemesanan tiket online, juga menjadi salah satu faktor meningkatnya minat masyarakat terhadap kereta api.

Access by KAI adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyediakan berbagai layanan terkait perjalanan kereta api di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan pada 10 Agustus 2023, dan dapat memenuhi kebutuhan penumpang kereta antarkota, kereta lokal, kereta LRT, kereta Commuter Line, kereta bandara, dan kereta cepat. Coba ikuti juga, Ada Langkah Mudah Batalkan Tiket Kereta via Aplikasi.

Jika terjadi keadaan mendesak yang memaksa Anda untuk membatalkan atau menunda perjalanan, Anda dapat dengan mudah melakukan pembatalan secara online melalui aplikasi Access by KAI. Dengan demikian, calon penumpang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk membatalkan tiket.

Mengutip informasi dari akun Instagram resmi KAI pada Minggu (14/1/2024), berikut adalah langkah-langkah pembatalan tiket kereta melalui aplikasi Access by KAI:

Cara Membatalkan Tiket Kereta via Access by KAI:

  1. Buka aplikasi Access by KAI.
  2. Pilih menu "Tiket Saya" pada halaman utama.
  3. Pilih tiket atau kode booking yang akan dibatalkan.
  4. Pilih menu "Kelola Pesanan Anda."
  5. Pilih menu "Pembatalan."
  6. Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua/sebagian penumpang).
  7. Klik "Batalkan Perjalanan."
  8. Informasi terkait biaya pembatalan dan pengembalian dana akan ditampilkan.
  9. Klik "Batalkan Perjalanan."
  10. Setelah muncul halaman pengembalian dana, pilih "Rekening Bank" atau "E-Wallet."
  11. Melalui rekening bank: Pilih nama bank, masukkan nomor rekening bank, klik verifikasi.
  12. Melalui e-wallet: Pilih e-wallet yang tersedia, masukkan nomor ponsel terdaftar di e-wallet, klik verifikasi.
  13. Pastikan data pengembalian lewat rekening bank atau e-wallet sudah sesuai, lalu klik "NEXT."
  14. Jika sudah sesuai dan yakin akan pembatalan, klik "YA, LANJUTKAN."
  15. Tiket kereta berhasil dibatalkan.

Sebelum membatalkan, pastikan bahwa tiket Anda memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Nomor identitas pemilik akun (pemesan tiket) dan/atau calon penumpang lain dalam satu kode booking harus sama dengan nomor identitas yang tertera di tiket.
  2. Jadwal perjalanan kereta yang akan dibatalkan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan yang telah dipesan.
  3. Status tiket harus lunas dan belum dicetak sebagai boarding pass/e-boarding pass.
  4. Pembatalan tiket KA lokal hanya dapat dilakukan di stasiun, sementara tiket KA antarkota atau jarak jauh dapat dibatalkan melalui aplikasi Access by KAI.

No comments:

Post a Comment